Promkes

Dinas Kesehatan Mengadakan Workshop Bagi Petugas Promosi Kesehatan

Ditulis pada  Senin, 25 Feb 2019  oleh: PUSKESMAS
TEMANGGUNG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung mengadakan workshop bagi petugas promosi kesehatan (Promkes) se - Kabupaten Temanggung dan anggota Saka Bakti Husada (SBH) binaan Dinas Kesehatan di aula Paradigma Sehat, Sabtu (23/2) dan Senin (25/2). Kegiatan diikuti 60 peserta dari petugas promosi kesehatan puskesmas se-Temanggung dan anggota Saka Bakti Husada (SBH).
Menurut Samudi, Kasie Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, workshop jurnalistik ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada petugas promkes dalam menulis berita. Kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan kemampuan dan kompetensi petugas promkes dibidang jurnalistik. 
Penyampaian materi hari Sabtu (23/2) dilakukan dengan pemberian materi tentang teknik menulis berita, jurnalisme online dan teknik pengambilan foto. Sedangkan pada hari Senin (25/2) petugas promkes diberikan waktu untuk menulis berita dengan teknik yang sudah diberikan sebelumnya.
Staf Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan, Meidina Fitriyani mengatakan, Kegiatan dilakukan dua hari dengan mendatangkan narasumber dari Forum Jurnalistik Temanggung yang di antaranya Raditiya Yoni Wartawan Suara Merdeka, Anis Efiyudin dari Antara Foto dan Yayan dari Tribun Jateng dengan memberikan materi dan praktek menulis berita. Diharapkan saat dilapangan petugas promkes dapat mempraktekkan langsung pembuatan berita secara langsung.
Dijelaskan salah satu narasumber, Anis Efiyudin mengatakan materi yang disampaikan diantaranya teknik menulis berita yang benar, jurnalisme online dan teknik mengambil foto jurnalistik. Jurnalistik sebenarnya bukan hal yang baru saat ini, karna secara tidak langsung petugas promkes mendokumentasikan kegiatan melalui fotografi namun belum disampaikan ke masyarakat.
Diharapkan dengan workshop jurnalistik ini petugas promkes dapat aktif memberitakan kegiatan yang ada di puskesmas dalam bentuk tulisan maupaun fotografi  melalui media online maupun cetak yang ada. (Riris/Puskesmas Tembarak)