Pembinaan Kader Posbindu

PEMBINAAN KADER POSBINDU PUSKESMAS TEMBARAK KABUPATEN TEMANGGUNG

Ditulis pada  Kamis, 26 Sep 2019  oleh: PUSKESMAS
Tembarak - Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu. Posbindu dilakukan guna mendeteksi dini penyakit tidak menular yang ada y di masyarakat. Sasaran Posbindu adalah wanita dan laki-laki usia produktif yaitu usia 15 tahun - 59 tahun.
Dalam rangka peningkatan keterampilan kader Posbindu, Rabu 26 September 2019 Puskesmas Tembarak melakukan pembinaan Kader Posbindu di Aula Puskesmas Tembarak. Pembinaan kader ini dibuka langsung oleh Kepala Puskesmas Tembarak dr Dewi Susanti. Pengisi materi di antaranya Heri Riwaynto selaku programer Penyakti Menular yang kali ini dalam acara pembinaan mengisi materi tentang Penyakit Tidak Menular. selain itu materi tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) juga isi oleh Petugas Promosi Kesehatan Ngulya Kamelia. materi terakhir di isi dengan praktek langsung penggunaan Posbindu Kit oleh Riris Prihantini Tridati selaku programer Penyakit Tidak Menular dan Fitriyah selaku Laborat Puskesmas Tembarak.
Antusias kader sangat tinggi karena ini merupakan pembinaan kader Posbindu pertama kali yang dilakukan Puskesmas dengan pemberian alat baru dari Dinas Kesehatan Temanggung.